Stres dan Gangguan Kesehatan

stresaStres bukanlah sebuah penyakit, melainkan gangguan pada lahiriah seseorang. Stres bisa dialami oleh siapa saja dan sebagian orang menganggap bahwa hal ini merupakan masalah besar. Tak dapat dipungkiri bahwa stres dapat memicu beragam penyakit mulai dari sakit kepala sampai sakit jantung. Hal ini disebabkan karena orang yang mengalami masalah ini akan merasa tidak nyaman sehingga orang tubuhnya bekerja tidak normal. Di samping itu, pemilihan cara mengatasi masalah ini juga terkadang salah di mana penderitanya memilih untuk melakukan hal-hal yang tidak baik, seperti begadang, merokok, mabuk-mabukan, dan lain sebagainya.

Anda sendiri pasti pernah mengalami stres, bukan? Tahukah Anda apa penyebabnya, dampak yang timbulkan, dan solusi mengatasinya? Simak jawabannya di bawah ini:

Penyebab

Ada banyak hal yang menyebabkan stres dan setiap orang memiliki penyebab yang berbeda-beda. Sebagai contoh, ketika si A dan B mengalami masalah keluarga, kedua-duanya mengalami stres sedangkan si C mengalami stres karena tidak naik kelas dan si D karena mengalami kebangkrutan. Beberapa penyebab stres adalah permasalahan dengan orang tua, anak, guru, pasangan, rekan bisnis, dan teman, pindah rumah, melahirkan, pekerjaan yang menumpuk, kematian, masuk penjara, dan lain sebagainya. Bahkan ada beberapa orang yang ketika handphonenya hilang akan mengalami stres atau ketika game yang dimainkan tidak kunjung selesai akan mengalami stres. Ada juga yang ketika ditinggalkan oleh pacar yang dicintai dan disayangi, langsung mengalami stres, terutama jika sudah menjalani hubungan untuk waktu yang cukup lama. Yang mana penyebab stres yang sering Anda alami?

Dampak

Apabila stres yang dialami masih terbilang berskala kecil, besar kemungkinan dampak yang ditimbulkan tidak akan begitu besar. Ini artinya bahwa penderita stres ini akan cepat move on dan melupakan hal yang membuat dia mengalami masalah ini. Namun, apabila stres yang dihadapi terbilang akut atau kronis, permasalahan ini akan membawa dampak besar terhadap penderitanya. Adapun dampak yang bisa timbulkan akibat masalah ini adalah susah tidur, anemia, jerawat, insomnia, mata panda, demam, pusing kepala, lemas, kurang nafsu makan, emosian, darah tinggi, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Jika Anda pernah mengalami masalah ini, tentu Anda tahu bagaimana rasanya. Sebagian orang bahkan melakukan percobaan bunuh diri dengan berbagai cara karena merasa bahwa mereka sudah tidak berguna, tidak bisa diandalkan, dan tidak ada manfaat untuk melanjutkan hidup. Dengan pemikiran pendek seperti ini, mereka rela menghilangkan nyawa mereka sendiri.

Solusi

Ada banyak cara untuk mengatasi stres baik itu stres ringan maupun berat. Beberapa solusi yang bisa dilakukan adalah mendengarkan lagu favorit, curhat, nonton film atau acara kesayangan, bernyanyi, kumpul dengan teman-teman, memadatkan aktivitas harian, mencari teman kencan baru, jalan-jalan, berbelanja, dan lain sebagainya. Sementara itu, untuk stres yang disebabkan karena utang atau hukuman dari pihak-pihak tertentu, ada baiknya untuk berpikir positif dan membicarakan permasalahannya dengan cara baik-baik. Dengan demikian, akan ada solusi demi kebaikan bersama-sama. Bagaimana jika penyebab stres adalah masuk penjara? Jalani hukuman dengan baik dan tunjukkan kebaikan agar hukuman bisa dikurangi dan cepat keluar penjara. Di sisi lain, apabila Anda disangka bersalah, minta bantuan pengacara berpengalaman dan berpikir positif serta tunjukkan sikap kooperatif terhadap petugas agar Anda bisa keluar dari segala tuntutan.

Well, pada intinya hindari stres sebisa mungkin dan terus berpikir positif agar resiko mengalami stres bisa diminimalisir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *