Cara Mudah Mengatasi Rambut Lepek

Portrait of young attractive woman

Rambut lepek juga dapat merusak penampilan. Terlebih bila rambut yang kondisinya tipis, hal ini bisa membuat kulit kepala cukup terlihat. Rambut lepek dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, baik masalah rambut rontok maupun perawatan rambut seperti rebonding dan smoothing. Rambut yang rontok dalam jumlah banyak setiap harinya tentu lama-kelamaan akan tipis sekalipun sebelumnya lebat. Sementara perawatan salon di atas memang menjadi solusi efektif untuk membuat rambut tampak lurus. Mengenai rambut lepek, apakah Anda juga mengalami hal yang serupa? Jika iya, ada tiga cara di bawah ini yang bisa diaplikasikan untuk mengatasinya:

Keramas minimal 2 hari sekali

Keramas bertujuan untuk membersihkan kulit kepala dari polusi udara, terlebih bila beraktivitas di bawah cuaca panas yang kemungkinan akan memicu frekuensi minyak menjadi meningkat sehingga membuat rambut menjadi lepek. Oleh karena itu, untuk menghilangkan pengaruh buruk tersebut, harus sering-sering keramas minimal 2 hari sekali dan kalau bisa satu kali dalam sehari. Untuk shampo, jangan pakai shampo yang fungsinya untuk mengatasi rambut kering karena biasanya shampo yang demikian akan membuat rambut menjadi lepek. Perlu diingat bahwa kulit kepala memang membutuhkan sebum untuk membuat rambut menjadi halus (dengan cara jarang keramas), akan tetapi juga harus disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan. Bila membuat rambut rusak, tentu akan lebih baik untuk keramas sesering mungkin.

Kurangi pengkonsumsian makanan berminyak

Seperti yang telah disindir pada uraian di atas bahwa produksi minyak berlebih dapat membuat kulit kepala menjadi bermasalah, yaitu selain menimbulkan ketombe dan rambut rontok juga menyebabkan rambut menjadi lepek. Untuk itu perlu mengurangi pengkonsumsian makanan berminyak, salah satunya gorengan. Walaupun gorengan sudah menjadi makanan khas yang tidak pernah tinggal dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi untuk mengatasi masalah ini harus mampu mengurangi kebiasaan tersebut. Ingat, makanan berminyak juga dapat membuat kolestrol meningkat, maka dari itu akan lebih baik bila makanan tersebut diganti dengan jenis makanan yang sehat tentunya buah dan sayur.

Ganti kondisioner dengan masker alami

Kondisioner memang menghaluskan rambut. Namun juga membuat rambut menjadi lepek. Jika Anda menggunakan kondisioner untuk mengatasi masalah rambut kering dan kasar, ada baiknya gunakan bahan alami seperti lidah buaya dan minyak jojoba sebagai gantinya. Sebab kedua bahan alami tersebut selain bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut kering dan kasar juga sekaligus memperbaiki rambut lepek. Meskipun fungsinya sedikit berbeda tapi hasilnya menyesuaikan. Seperti yang telah diketahui bahwa bahan alami lebih aman dan nyaman untuk digunakan karena tidak memiliki kandungan bahan kimia di dalamnya. Biayanya pun cukup hemat, bahkan lebih banyak menggunakan modal tenaga dan kesabaran untuk mengaplikasikannya sebab membutuhkan tenaga yang cukup maksimal supaya hasilnya efektif. Contoh lidah buaya, mulai dari memilih tanaman yang segar dan bagus, mencucinya hingga bersih, memeras lendirnya, dan memijatnya di kepala hingga menunggunya sampai meresap kemudian baru dibilas. Untuk perawatannya dilakukan minimal 2 kali dalam seminggu dan hasilnya akan mulai efektif bila diaplikasikan secara rutin.

Rambut lepek memang kurang menarik dilihat sebab bila rambut sedikit, kulit kepala akan sangat terlihat jelas. Namun, bila salah perawatan bukan tidak mungkin bakal menimbulkan masalah rambut lainnya, seperti berketombe dan rontok. Untuk itu, perlu cara yang tepat dalam mengatasi masalah rambut lepek, baik itu dari perawatan yang perlu dilakukan maupun kebiasaan buruk yang perlu dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *