Perawatan Wajah untuk Remaja Putri

Perawatan Wajah untuk Remaja PutriWajah memerlukan perawatan yang maksimal untuk bisa mencegah dan mengatasi komedo hitam & putih, jerawat, flek hitam, dsb. Terutama bagi remaja putri, perawatan wajah penting dilakukan mengingat kulit wajah mereka cenderung sensitif. Hal ini lantaran  remaja memiliki hormon yang belum stabil, produksi kelenjar minyak pun meningkat, belum lagi banyaknya aktivitas di luar ruangan. Bertolak dari kondisi ini, perawatan wajah untuk remaja putri pun tidak boleh sembarangan. Perawatan wajah yang salah dapat memicu masalah kecantikan dan mengurangi kecantikan alami mereka. Bagi para remaja putri, berikut perawatan wajah sederhana yang bisa diaplikasikan:

Pakai masker alami

Menggunakan masker alami, perawatan yang paling aman bagi remaja putri. Masker alami tentunya lebih minim bahkan nothing efek samping. Sangat cocok dengan kulit wajah remaja yang cenderung sensitif. Meski masker alami, khasiat yang ditawarkan tidak kalah bersaing dengan produk kecantikan olahan. Berikut bahan alami yang bisa digunakan:

  • Putih telur. Putih telur memberikan sumbangsih dalam dunia kecantikan terutama wajah, di mana dapat mengatasi kulit berminyak, menyamarkan noda hitam, mengecilkan pori-pori, sampai dengan melindungi wajah dari jerawat. Cara pengaplikasiannya cukup dengan kocok putih telur dengan sedikit madu kemudian balurkan ke wajah.
  • Bengkoang. Buah yang kaya air ini juga sering kali dipergunakan untuk merawat kecantikan wajah. Masker bengkoang disinyalir dapat mencerahkan kulit, menghilangkan flek hitam, sampai dengan mengencangkan kulit. Penggunaannya, bengkoang yang telah diparut kemudian peras. Perasan air tersebut yang diaplikasikan ke seluruh bagian wajah.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, masker alami harus dipakai rutin idealnya 2 sampai 3 minggu sekali dengan durasi 10 sampai 15 menit per sesi pemakaian.

Bersihkan wajah sebelum tidur

Perawatan wajah sederhana tapi penting dilakukan terutama bagi remaja putri adalah membersihkan wajah sebelum tidur. Diharapkan kotoran atau debu yang menempel pada wajah dapat disingkirkan karena dapat memicu masalah kecantikan. Media yang digunakan untuk membersihkan wajah bisa air biasa, milk cleanser, atau sabun wajah yang cocok dengan kondisi kulit wajah. Untuk hasil yang maksimal, remaja putri bisa memakai krim malam alami yakni minyak zaitun atau lidah buaya.

Pakai pelembab wajah

Bisa dibilang aktivitas di luar rumah bagi remaja putri cukup banyak. Apalagi jika remaja putri termasuk orang yang aktif. Untuk itu, remaja putri perlu memakai pelembab terutama saat keluar rumah di atas jam 10 pagi. Sinar matahari di atas jam 10 tidak baik bagi kulit di mana dapat membuat kulit gelap, terbakar, hingga kanker kulit. Pelembab yang digunakan dapat menghalangi paparan sinar matahari langsung. Tips-tips dalam memilih pelembab wajah: utamakan pelembab wajah berbahan alami, pastikan ada izin resmi dari BPOM, lihat tanggal kadaluarsanya, dan pertimbangkan pelembab dengan merek terpercaya.

Hindari menggunakan bedak padat

Tingkah laku remaja pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh lingkungannya. Ketika teman-temannya menggunakan bedak padat agar terlihat lebih cantik, ia akan ikut-ikutan menggunakannya. Di sisi lain, tujuannya untuk menarik perhatian lawan jenis. Padahal, bedak padat tidak dianjurkan untuk remaja putri. Bedak padat akan melekat kuat & terlihat sangat tebal di kulit wajah. Hal ini pada akhirnya memicu jerawat hingga komedo. Lebih dari itu, wajah remaja putri akan terlihat lebih dewasa. Makanya, remaja putri lebih baik menggunakan bedak bayi yang lembut & aman bagi kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *