Sering Sakit Kepala Berlebihan? Coba Konsultasikan dengan Dokter Spesialis Saraf

Sakit kepala sering kali dianggap sepele. Ketika sakit kepala menyerang, kebanyakan orang hanya sekedar mengatasinya dengan obat analgesik yang dijual bebas. Minum obat warung memang lebih praktis dan dari sisi harga juga terjangkau. Namun, sadarilah bahwa konsumsi obat secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai dampak buruk di antaranya mengganggu fungsi kerja hati, sistem pencernaan, hingga menyebabkan ketergantungan. Di samping itu, belum bisa juga dipastikan aman tidaknya obat tsb dikonsumsi oleh Anda sehingga berpotensi mengancam keselamatan. Apabila mengalami sakit kepala terlebih terlalu berlebihan baik dari sisi frekuensi maupun durasinya, coba konsultasikan ke dokter saraf yang terpercaya.

Bisa jadi pertanda penyakit serius

Jangan anggap remeh sakit kepala yang datang terlalu sering dan parah. Apalagi jika disertai dengan keluhan-keluhan seperti demam, leher kaku, mual, muntah, peka terhadap cahaya, kesemutan, sulit berbicara, dsb karena sakit kepala tsb merupakan indikator penyakit serius. Adapun penyakit serius yang ditandai dengan sakit kepala di antaranya:

  • Stroke adalah kondisi di mana pasokan darah yang membawa nutrisi dan juga oksigen menuju otak terhambat sebagai akibat dari pecahnya atau tersumbatnya pembuluh darah. Stroke termasuk penyakit yang patut diwaspadai karena bisa berujung kematian. Untuk itu mengetahui gejala awal stroke menjadi sangat penting. Ketahuilah bahwa sakit kepala merupakan salah satu gejala stroke ringan.
  • Meningitis adalah suatu kondisi di mana terjadinya peradangan pada selaput pelindung yang membalut otak serta saraf tulang belakang. Penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan otak, kehilangan pendengaran, hingga kematian ini disebabkan bakteri, virus, jamur, dan parasit. Sakit kepala hebat disertai leher kaku, sensitif terhadap cahaya, dsb menjadi gejala meningitis.

Untuk mendapatkan diagnosa yang akurat

Kesalahan diagnosa oleh dokter tidak bisa dianggap remeh. Sebab, kesalahan tersebut membuat tindakan medis yang diambil sekaligus obat yang diberikan oleh dokter jadi tidak tepat. Kemungkinan pertama, masalah kesehatan tak kunjung sembuh. Kemungkinan kedua, timbul masalah kesehatan baru. Kemungkinan lainnya, bisa mengancam keselamatan pasien. Oleh karenanya, Anda disarankan memeriksakan diri ke Dokter Otak ketika mengalami sakit kepala untuk mendapatkan hasil diagnosa yang lebih akurat.

Guna memperoleh tindakan medis yang cepat & tepat

Bersyukur apabila hasil diagnosa menyatakan Anda hanya mengidap sakit kepala biasa karena disebabkan kurang istirahat, beban pikiran, dehidrasi, kurangnya kalium, atau lainnya. Dokter hanya memberikan saran untuk banyak istirahat, bebaskan dari beban pikiran, banyak minum air putih, atau penuhi kebutuhan kalium. Namun, apabila hasil diagnosa menyatakan Anda mengidap penyakit serius seperti stroke, meningitis, dll, Anda akan memperoleh tindakan medis yang cepat & juga cepat sehingga penyakit jadi tidak berkembang serta peluang sembuh cukup besar.

Menemui dokter spesialis saraf penting dilakukan jika mengalami sakit kepala yang tak biasa. Terlebih lagi jika sebelumnya telah memperoleh rujukan dari dokter kepercayaan keluarga atau dokter di unit gawat darurat Jakarta. Tujuannya untuk mendapatkan diagnosa yang lebih akurat sekaligus memperoleh tindakan medis yang cepat & tepat sehingga mencegah perkembangan penyakit & meningkatkan peluang sembuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *